• Testimoni Pengguna Milagros

Mengapa Kelenjar Getah Bening Bisa Membengkak?

Apa Itu Pengertian Pembengkakan Kelenjar Getah Bening?

apa itu Kelenjar Getah Bening?

Pembengkakan kelenjar getah bening (lymphadenopathy) adalah kondisi ketika kelenjar getah bening atau gumpalan jaringan sebesar kacang yang berisi sel darah putih mengalami pembesaran. Sebenarnya kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang bisa membantu melawan infeksi, baik disebabkan oleh bakteri, virus, atau lainnya.

Biasanya ketika terjadi infeksi, kelenjar getah bening akan membengkak untuk memberikan tanda. Setelah infeksi mereda, kelenjar getah bening akan mengempis dengan sendirinya. Pada dasarnya, kelenjar getah bening terdapat di seluruh tubuh kita, namun kondisi pembengkakan biasanya hanya terjadi di area ketiak, leher, di bawah dagu, dan di pangkal paha.

 

Pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan :

 

1. Rheumatoid arthritis

2. Penyakit lupus

3. Campak

4. Sarcoidosis

5. Tuberkulosis

6. Rubella

7. Sifilis

8. Cytomegalovirus

9. HIV

Umumnya penyakit itu tidak bisa diatasi, sehingga getah bening meradang, terjadi pembengkakan.

Komplikasi dapat terjadi jika infeksi penyebab pembengkakan kelenjar tidak segera diobati. Komplikasi tersebut antara lain :

 

1. Pembentukan abses. Abses merupakan kumpulan nanah akibat infeksi. Nanah itu sendiri terdiri dari sel darah putih, jaringan mati, bakteri dan cairan. J

2. Bakteremia (infeksi dalam aliran darah). Infeksi yang tidak diobati akan meningkatkan risiko penyebaraan bakteri ke dalam aliran darah dan menyebabkan sepsis.

 

Pengobatan

 

1. Sebenarnya pembengkakan kelenjar getah bening bisa sembuh dengan sendirinya apabila penyebabnya masih tergolong ringan (misalnya pilek atau demam kelenjar). Anda hanya perlu istirahat dan minum banyak cairan. Untuk meredakan gejala nyeri, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit yang bisa dibeli secara bebas di apotek, misalnya ibuprofen atau paracetamol.

 

2. Jika Anda memang perlu memeriksakan ke dokter, pengobatan pembengkakan kelenjar getah bening akan disesuaikan dokter dengan kondisi yang mendasarinya. Sebagai contoh, jika pembengkakan disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter akan meresepkan antibiotik. Begitu pula jika pembengkakan disebabkan oleh penyakit autoimun, misalnya rheumatoid arthritis atau lupus, maka terapi akan difokuskan untuk mengobati penyakit yang mendasarinya. Contoh lainnya adalah penerapan prosedur bedah, kemoterapi, atau radiasi pada kasus pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh kanker. (Editor Pitria, Ref @alodokter)

 

3. Getah Bening bisa juga disembuhkan dengan rutin minum MILAGROS 2 botol perhari serta degan mengompres/menyemprotkan MILAGROS SPRAY pada bagian tubuh yg terjadi pembengkakan Getah Bening.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Hubungi Kami

    By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website